judul website 2020 1

Mahkamah Syar’iyah Calang Mengikuti Sosialisasi Kesyariahan Penerapan Kriteria Imkanur Rukyah Baru Mabims

Ditulis oleh Administrator. Posted in Berita

Ditulis oleh Administrator. Posted in Berita

sosialisasi kesyariahan 1

Selasa (28/6/2022) bertempat di Ruang Media Center Mahkamah Syar’iyah Calang, Ketua Mahkamah Syar’iyah Calang Ahmad Nazif Husainy, S.H., bersama dengan Wakil Ketua Khaimi, S.H.I. mengikuti kegiatan sosialisasi kesyariahan penerapan kriteria Imkanur Rukyah Baru MABIMS yang diselenggarakan secara dari melalui Zoom. Kegiatan tersebut berdasarkan surat undangan Dirjen Badan Peradilan Agama Nomor 3078/DjA.3/HM.00/6/2022 tanggal 20 Juni 2022.

sosialisasi kesyariahan 2

Kegiatan yang dimulai pada pukul 09.00 WIB ini dipimpin oleh Drs. H. Wahyu Widiana, M.A (Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama periode 2005 – 2012). Beliau menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menentukan awal bulan Zulhijah dan menindak lanjuti hasil musyawarah kerja ahli hisab Kementerian Agama Republik Indonesia. Dalam paparannya beliau menyampaikan beberapa poin utama terkait sikap hakim yang harus diambil jika terdapat perbedaan terkait jatuhnya 1 Zulhijjah 1443.

sosialisasi kesyariahan 3

Berdasarkan data pada tahun ini ditemukan perbedaan tanggal jatuhnya 1 Zulhijjah 1443, yakni: Pemerintah, NU dan Pers jatuh pada Jumat, 1 Juli 2022 sedangkan Muhammadiyah dan Saudi Arabia jatuh pada Kamis, 30 Juni 2022. Jika hakim mendapatkan laporan terkait munculnya hilal maka hakim tidak boleh langsung mengakabulkan jika tidak memenuhi kriteria 3-6,4 derajat. Dalam hal ini observasi penerapan kriteria Imkanur Rukyah Baru MABIMS di wilayah yuridiksi Mahkakmah Syar’iyah Calang bertempat di Bukit Poly, Komplek Perta Aron, Aceh Jaya.

sosialisasi kesyariahan 4